June 8, 2008

Audio Player Terbaik

| June 8, 2008
Berdasarkan pengalaman rumput sawah, kebetulan Rumput Sawah juga penggemar audio, rumput sawah akan memberikan review beberapa audio player yang pernah rumput sawah gunakan. Penilaian berdasarkan pengalaman pribadi rumput sawah sehingga apabila penilaian yang diberikan menurut anda kurang, tolong di maklumi, namanya juga penilaian pribadi, namun moga - moga aja masukan ini bermanfaat bagi anda yang ingin memilih audio player (hanya beberapa audio player saja.

1.Winamp
Semua komputer pasti ada winampnya. Audio Player yang paling banyak digunakan. Suara yang dikeluarkan memberikan nilai yang imbang antara Bass dan Treble nya, Bassnya mantab, tampilan yang menarik, banyak plugin dan skin, dapat memutar semua jenis musik (pakai plugin), dapat memutar video. Organizer musiknya lumayan bagus, tapi sayang aplikasinya berat jika pakai skin. Kurang cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah atau memori kecil, sebaiknya pakai saja skin klasik.


2. Jet Audio
Menurut rumput sawah, jika anda benar - benar menginginkan suara yang ngecring, Bass yang pas dan audio yang jernih, pakai saja audio player ini. Skin beragam, ada efek - efek tambahan, dapat memutar video tapi sayangnya bass yang dikeluarkan tidak setajam bass winamp, kurang dalam dan terlalu ngambang (mbeg ..mbeg..mbeg). Organiser musiknya lumayan (agak membingungkan bagi yang awam). Tampilan terlihat elegan.


3. Foobar 2000
Di forum - forum banyak yang beranggapan audio player ini sebagai yang terbaik. Tampilan sederhana, tidak neko - neko, banyak plugin, enhance, skin. Penggunaan memori tidak banyak pada saat tampilan default. Output suara yang dikeluarkan memiliki power, tapi seperti jet, bassnya walaupun outputnya besar tapi dirasa masih ngambang, tidak dapat memutar video. Keistimewaan lain, tampilan bisa diatur sesuka kita. Organizer musiknya lumayan bagus.


4. Musicmatch Jukebox
Audio Player ini terlihat sangat elegan. Dapat mengorganisir koleksi musik dalam komputer kita. Audio yang dikeluarkan lebih soft, berimbang antara bass dan treble nya, tetapi power yang dihasilkan tidak sekuat winamp atau foobar. Menu didalamnya tidak selengkap audio player diatas, tidak dapat memutar video, plugin terbatas.


5. Xmplay
Portable, tak perlu di install, ukuranya kecil. Mendukung segala format seperti winamp atau foobar 2000. Tampilan lumayan, banyak skin. Memori yang digunakan saat berjalan kurang lebih hanya 5 megabyte (kecil), organiser musik yang sangat baik. Bass keluarannya juga lumayan tapi triblenya kurang dan lebih terpengaruh bassnya sehingga terkesan ulem, trible kurang menggigit.

Bagaimana dengan windows media player ? Lupakan !

Test dilakukan dengan soundcard Soundblaster live dan Speaker Simbadda 9900 (2.1) untuk keluaran 4.1, 5.1 atau 7.1 I don't know atau tidak tau dah hasilnya klo di test pake speaker lain.

Related Posts

2 comments:

  1. Windows media player bagus juga kok, sayang agak lambat. Winamp tetep aja telmi mas. Menurut saya yang enak banget tu Media Jukebox 10.0, cuma saya gak ngerti link downloadnya, dapet dari CD sih...

    Pasang widget pengikut dong mas, biar saya juga gak ketinggalan blog ini. Saya suka blog ini sih...

    ReplyDelete
  2. ada gak audio player yang bisa mecah suara vokal dan instrumen dari lagu mp3?

    ReplyDelete