August 6, 2009

UI Bangun Perpustakaan Megah

| August 6, 2009
Universitas Indonesia rupanya tidak main - main dalam membangun pengembangan perpustakaannya. Pihak Universitas telah mulai membangun perpustakaan yang nantinya mungkin menjadi yang paling wah di Indonesia bahkan di asia. Perpustakan yang dikerjakan oleh salah satu Kontraktor BUMN terbaik, PT. Waskita Karya ini diperkirakan akan selesai pada bulan Desember tahun 2009 ini.

Perpustakaan IU

Perpustakaan ini memiliki konsep seperti Tumpeng dipotong dan di tengah - tengahnya akan muncul tower - tower. Menggunakan Fasat Batu andesit sebagai penutupnya jadi terkesan sangat elegan.

Related Posts

7 comments:

  1. Pengelolaan perpustakan tergantung kesungguhan dari lembaga induk dimana perpustakaan bernaung. Banyak kita jumpai perpustakaan yang terkesan dikelola seadanya dengan bangunan/ruangan, SDM, maupun koleksi yang tidak memadai. Beberapa kesan yang paling tampak dari perpustakaan di Indonesia adalah sebagai gudang buku. Tidak mencerminkan sebagai pusat informasi yang nyaman dan representatif.

    Yang di UI ini kelihatannya lain daripada yang lain ya mas...

    ReplyDelete
  2. Kita lihat saja nanti, apakah memang nyaman dan representatif?

    Dan juga bagaimana mahasiswanya memakai perpustakaan itu? Apakah dirawat dengan baik?

    ReplyDelete
  3. Perpustakaan seperti itu bagus, yang penting perawatan dan penggunaannya. Perpustakaan itu harus digunakan sebaik-baiknya oleh para mahasiswa, percuma 'kan bangun tapi gak dipakai.

    Terus perawatan juga sangat penting sekali, karena kebanyakan orang Indonesia bisa beli tapi nggak bisa merawat.

    ReplyDelete
  4. @Mufti:Ya memang banyak sekali perpustakaan yang dulu bagus sekarang berantakan tidak terawat, hal ini juga terjadi didaerah saya di Pare, Perpustakaan Mastrib yang dulu bagus,saya mendengar kabar terbarunya kok seperti tidak terurus.

    @ravimalekinth: semoga perpustakaan itu nanti berfungsi sebagai mana mestinya

    @Indra Mahardika : Kebanyakan memang seperti itu, seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Hal perawatan adalah yang paling susah dilakukan.

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget tuh... tau gitu kemaren pas nganterin anak lomba KJI di UI depok maen2 ksana...^^ gmna kbrnya...? kmren bru denger dri bang jo kalo kmu dah di Waskita...

    ReplyDelete
  6. Kalau dibandingkan dengan ITS bagus mana bro :) pasti liftnya lebih dari satu kan ?

    ReplyDelete
  7. @BambangPiscesa : kemarin saya nonton kji malah sempat ngobrol - ngobrol bareng mas harun, mau ngobrol ma mas bambang, tapi kelihatannya sibuk

    @alhakim: ada yang bersejarah di perpus ITS, saya pertama kali ditolak seseorang di sana! wkwkw

    ReplyDelete