September 12, 2009

Mudik sebuah fenomena unik

| September 12, 2009
Mudik adalah suatu peristiwa unik yang cuma terjadi di Indonesia. Mudik adalah perjalanan dari tempat bekerja biasanya dari kota besar ke kampung halaman. Ya mudik ini dilakukan setahun sekali, biasanya beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri. Banyak motif atau alasan orang untuk mudik, yang pasti dengan mudik rasa kerinduan yang memuncak akan terobati, terutama bagi orang yang merantau.

Apalagi pada saat hari besar Idul Fitri, berkumpul dengan keluarga besar adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada juga motif mudik yang lain, ingin menunjukkan bahwa dalam perantauannya, seseorang tersebut sukses, memang suatu yang membanggakan namun dampak buruknya tetap ada, yaitu menstimulus orang untuk melakukan hal yang sama, nanti pada akhirnya urbanisasi akan bertambah. Plus minus disetiap keadaan pastilah ada.

Dari tahun - tahun sebelumnya, banyak kejadian unik dalam mudik, sebagai contoh adalah keluarga yang mudik pakai sepeda motor, didepan jog, diisi tas, kemudian dibelakangnya ada anaknya, setelah itu pengemudinya, dibelakannya lagi ada anak, terus paling belakang ada ibunya, masih kurang puas, tas yang segede travel bag pun dibawa. Memang masih ada tempat, pemudik tidak kalah pintar, jog belakang disambung pake dua bambu sebagai tumpuan.. waduh..waduh....

Gambar dari google

Sebaiknya yang menggunakan sepeda motor, diperiksa terlebih dahulu mesin, rem dan bagian - bagian lain yang penting. Terus juga persiapakan kondisi diri dan keluarga apabila perjalanan jauh. Patuhi peraturan lalu lintas. Bagi yang menggunakan angkutan umum, sikap waspada selalu diperlukan, hati - hati kerena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Dan jangan lupa berdoa. Semoga kita semua mudik tahun 2009 ini diberi kelancaran. Amin.

Related Posts

19 comments:

  1. hehehee... komen sendiri, napa bro? bete?

    ReplyDelete
  2. semoga yg mudik selamat sampai tujuan, sehat semua..

    ReplyDelete
  3. selain kondisi sepeda mestinya mereka memperhatikan porsi muatan motor. agar tetep aman dan nyaman saat berkendara. sehingga selamat sampa tujuan

    ReplyDelete
  4. saya salut juga sebenarnya dengan mereka. Satu motor, bisa membawa beberapa orang dan banyak barang. Hmm..kalo mau istirahat di jalan, gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  5. matikan lampu, kompor, kunci rumah... awas rawan maling. hati-hati di jalan banyak orang buang paku sembarangan...semoga selamat sampai tujuan

    ReplyDelete
  6. Wah, mudik 5 orang dalam 1 motor bahaya banget

    ReplyDelete
  7. hahahaha... nek aku mulih rodok telat, bakalan koyok gambar nang google kuwi.. numpak motor karo koncoku teko bali nyang nganjuk dan solo!!!

    hahhaha...

    ReplyDelete
  8. aku besok berangkat mas....
    :)

    ReplyDelete
  9. Yang merasa kelurga besar tak usah pake motor. Apalagi kalau anak2nya masih kecil. Masa satu motor buat dipake enam orang, kasian dong lah...

    ReplyDelete
  10. lebaran ini aku ga mudik, justru malah meninggalkan kota kelahiran...
    pulang ke rumah orang tua ajah di jogja, haha

    ReplyDelete
  11. Blom bisa mudik nich :(
    Oh iya, Selamat Idul Fitri 1430 H,
    Mohon maaf atas segala khilaf...

    ReplyDelete
  12. mudik ga mudik yang penting ngeblog lanjut terus bang :D hehehehe

    ada yang baru ada yang baru :

    http://27duatujuh.wordpress.com/

    mampir yaa !

    ReplyDelete
  13. Fokus berkendara...ati2 ama jalanan tikungan + berpasir (pengalaman pribadi)<< pernah jatoh.
    selamat bermudik semoga selamat sampai tujuan

    ReplyDelete
  14. Met Idul Fitri 1430 H
    Mohon Maaf Lahir Batin

    ReplyDelete
  15. Cak kulo Unjung riyoyoan, Minal Aidin wal Faizin, nyuwon ngapuro lahir batin

    ReplyDelete
  16. Acara mudik..memang selalu menyenangkan... Tapi sayang, aku gak pernah mudik kemana-mana...hehehe :)

    ReplyDelete