September 24, 2011

Bagaimana Supaya Teratur?

| September 24, 2011
Oke sobat blogger, apakah sobat pernah menghadapi beberapa permasalahan yang harus segera diselesaikan ? Kalau saya sendiri sering sobat. Mengingat tuntutan target yang harus segera selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan pada pekerjaan saya. Terkadang banyak sekali item-item yang harus saya tangani.



Saat seperti ini, ada beberapa hal yang saya lakukan antara lain menulis item yang harus diselesaikan dalam sebuah notes kecil saya, pada saat sudah selesai, item tersebut akan saya warnai dengan stabillo. Namun ada sedikit kekurangannya yaitu, apabila pekerjaan yang lama belum selesai muncul pekerjaan baru yang saya catat. Itu artinya pekerjaan saya bertambah menumpuk. Sehingga saya juga kesulitan menentukan mana yang lebih prioritas.

Dulu saya pernah juga dengan menggunakan notes (post it) yang saya tempel dilayar laptop, namun rasanya tidak efektif dan terlihat seperti orang yang pusing ditempelin koyok. Saya pernah membaca tulisan Tony Busan yang berisi tentang pemetaan pikiran, atau lebih terkenal dengan mind map, saya pernah mencoba ternyata setelah saya buat mind map ternyata akarnya menjadi sangat banyak sekali *bingung juga*. Walaupun sudah ada software untuk membuat mind map.

Saya pribadi sangat mengukai hal yang terencana, terukur dan tercatat dengan rapi. Karena setidaknya kita tahu apa yang akan kita laksanakan. Masalahnya saya belum menemukan formatnya seperti apa? Jika kita tahu di ada program Microsoft Project untuk mengatur sekedul proyek, ada To Do list yang banyak kita temukan di Internet....

So jika sobat pernah mengalami hal ini, strategi apa yang akan sobat blogger lakukan ?

Related Posts

5 comments:

  1. Sama, Mas. Kalau lagi 'diserbu' pekerjaan jadinya kek orang kerja rodi.

    ReplyDelete
  2. @ alamendah : Ya terkadang kita tidak bisa memprediksi urusan apa lagi yang harus kita kerjakan.

    ReplyDelete
  3. Coba dulu dengan berbagai cara mas, karena setiap orang punya formatnya masing2. Gak setiap cara yang dipakai orang itu cocok bagi yang lainnya. Kalau sudah ketemu pasti akan jalan sesuai dengan yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  4. aku pake post it tempel di meja, trus dicoret yg udah, semacam to do list gitu... itu aja banyak yg lupa :p

    ReplyDelete
  5. @pak mufti : Setuju pak, setiap orang mempunyai cara tersendiri yang cocok
    @dina : ya saya sendiri juga sering lupa.

    ReplyDelete