June 8, 2012

Guang Liang - Tong Hua

| June 8, 2012
Jaman sudah era globalisasi, beberapa tahun kedepan saya yakin perdagangan bebas akan semakin bebas lagi. Nah itulah alasan saya kepingin belajar Bahasa Mandarin, walaupun masih nol putul, namanya belajar pasti bernilai positif. Alasan kedua adalah china (bahasa china) salah satu kebudayaan tertua. Saya baru ngeh kalau kanji nya jepang itu sama dengan atau mirip sekali dengan huruf china tradisional (walaupun saya baru ngecek pada huruf jepang Yama).

Referensi belajar bahasa cina sangat banyak di Internet. Namun rekomendasi saya (saya juga baru belajar), gunakanlah software Before you know it alias BYKI chinese, yang versi gratisnya bisa di download disini. Versi gratisnya express dan versi berbayarnya disebut deluxe. Dengan versi express memang ada pembatasan, namun menurut saya itu sudah cukup untuk belajar. Kalau saya memang suka nyari yang gratisan dan full version (pancet ae..), aku nyari lewat torrent dan dapat walaupun versi yang lama. Setelah download dan install, yang kedua anda harus download listnya. Semacam file yang berisi pelajaran. List itu didownload. Kemudian buka BYKI dan import file list tersebut. Wis ben gak bingung-bingung tak wenehi skrinsyut, ini proses download :


Terus ini skrinsyut list yang mau didownload, ingat pilih yang chinese, nanti ada beberapa list atau bisa juga kita sebut card. Klik salah satu card dan download :


filenya disebut .b4u, nanti file inilah yang dibuka dengan software BYKI yang kita download sebelumnya. Lha kan jadi ngomongin belajar bahasa mandarin. Namun dari sinilah saya mulai belajar dari lagu-lagu mandarin. Yang penting easy listening tujuannya adalah menambah perbendaharaan kosa kata.  Ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan, karena antara tulisan dan bacaan beda, belum lagi tulisan aslinya... lumayan. Note: karena website sewaktu-waktu diupdate, langkah-langkah diatas mungkin bisa saja berubah namun prinsipnya sama... download dan gratiss..

Dari teman satu kantor yang sekarang udah ditugaskan ditempat lain, ku kenal Yue Liang Dai Biao Wo De Xin, bacanya yue liang tai piao wu te sin... nah bedakan, saya juga bingung awalnya... artinya rembulan mewakili hatiku.... abot pokok e

Terus aku mbaca2 blog ini postingnya dah lumayan lama 2008, bercerita tentang lagu Guang Liang - Tong Hua yang disukai anak balitannya. Kucoba download di tahun 2012 ini, padahal lagu ini tahun 2006 artinya aku dah kadaluarsa 6 tahun. By the way, pertama kali mendengar, nada lagu ini galau banget. walaupun tidak tahu artinya. Entah berat banget dan menghabiskan energi pas denger lagu-lagu melow setengah galau seperti ini.

Lagunya bagus, inspiratif, galau dan cocok buat i ring. Akhirnya setelah sekian lama menggunakan Firefiles owl city sebagai nada dering, kemarin aku ganti dengan lagu melau (melow dan galau). Btw kalau melow dan galau jangan lama-lama, cepat buat tidur atau olahraga, atau malah menyusun ide rencana bisnis ke depan, dari pada galau terlalu lama.

Related Posts

2 comments:

  1. Saya kalau melihat tulisan kanji sudah pusing duluan, Bang

    ReplyDelete
  2. @alamendah : memang harus telaten pak

    ReplyDelete