August 8, 2012

Ganti Template Blog (Lagi)

| August 8, 2012
Sepertinya sudah beberapa kali saya gonta-ganti template. Bukan karena cepat bosan (ada sih sedikit), tapi karena hobi kutak-katik bikin template blog. Barusan saja, saya berhasil membuat memodif template. Template ini saya namakan Protagonista Template. Jujur saja, mekanisme kerja blog ini saya peroleh dari template orisinilnya yaitu :
-----------------------------------------------
Name: The Antagonist
Designer: Jéssica Alves & João Alvarenga
URL: http://www.be-insight.com
Date: 09 Dec 2009
-----------------------------------------------
Dari Desain Template awal saya sedikit gubah terutama di background. Desain awal dari template ini sudah rapi, sehingga saya hanya rubah untuk mendapatkan efek glossy. Memang Konsep awal saya : Simple, modern dan Rapi. Sedikit tips penggunaan gradient di css3 ternyata sangat membantu untuk membuat efek glossy-nya. Dihalaman depan ada Bagian "Network", didesain awal sudah terdapat icon social networknya tapi kesannya sangat XP, sehingga cari icon dan dapat yang glossy juga. Skrinsyutnya :

Selain efek glossy, kelebihan dari template ini adalah fungsi tab yang sudah terintegrasi didalamnya. Defaultnya ada 3 tab namun dalam perjalannya bisa kita tambah lagi. Oke sampai disini, saya hanya membuat tiga tab saja artinya tidak saya rubah jumlahnya. Tab satu "Network" seperti terlihat pada gambar diatas, tab dua "Sitemap" kalau saya lebih suka dengan istilah daftar isi dan ketiga adalah postingan itu sendiri.

Di Tab satu memang saya isi dengan Sosial Media dan Halaman ini tampil pertama tiap kali dibuka. Icon awal sudah saya ganti dengan yang lebih glossy. Icon tersebut saya dapatkan secara cuma-cuma disini. Halaman ini saya buat full, ringkas dan padat.

Sementara di tab "Sitemap" saya isi dengan dtree, tujuannya untuk membuat menu yang mudah dibuka tutup. Memang sedikit njlimet membuat dtree ini, namun karena tampilan menu yang menarik patut anda pasang diblog anda. Bisa dilihat dan dipelajari secara gratis disini.

Untuk Tab Postingan sendiri, defaultnya sudah dipasang autoreadmore , jadi saya tinggal benahi saja background, padding dan bordernya. Sementara untuk comment, bawaan template ini tidak support untuk thread comment blogger, agar fungsi thread comment berfungsi maka saya lihat tutorial ini dan berhasil, namun sebelumnya saya tambahkan css untuk thread comment tersebut. Harapnya template baru semangat menulis inspirasi di blognya juga semangat baru.

Related Posts

4 comments:

  1. Pertama ngunjungi ciput.us sempat bingung. Lha kok nggak ada tulisannya? ternyata harus klik link 'BLOG' baru nongol ... haha

    ReplyDelete
  2. keren! simpel. But I need more colors. hehe..

    ReplyDelete