February 16, 2014

Dinding panel precast

| February 16, 2014
Dinding panel precast saat ini sudah jamak dipakai untuk gedung-gedung modern (baca juga postingan tentang pekerjaan beton precast disini). Dalam perkembangannya dinding precast ini seakan menggantikan dinding batu-bata sebagai penutup kulit luar gedung. Lalu apa keunggulan penggunaan dinding precast ini dibanding dengan dinding konvensional dengan batu bata ringan ? Lalu apa pula kekurangan menggunakan sistem dinding precast ini ?
Penggunaan dinding precast panel
Mari bersama kita bahas apa keunggulan dan kekurangannya tentunya dalam beberapa hal. Yang pertama dimulai dari faktor waktu pengerjaan, Waktu pengerjaan dalam hal ini meliputi waktu produksi, waktu pemasangan, dan waktu finishing. Karena sifatnya precast, volume produksi bisa ditingkatkan diawal (precast biasanya typical dan jumlahnya banyak) artinya dengan sedikit cetakan biasa digunakan untuk banyak produksi. Waktu pemasangan dilapangan juga lebih cepat. 

Faktor kedua adalah Mutu, mutu penggunaan Dinding precast lebih rapi dibanding dinding biasa yang harus diplester apalagi kalau plesteran dikerjakan pada area ketinggian tentu tidak mudah dan hasilnya maksimal. 
Hasil akhir lebih rapi
Dari segi biaya kekurangan menggunakan dinding precast ini adalah biaya yang lebih mahal dibanding penggunaan batu-bata konvensional. Anggap secara kasar saja biaya precast panel saat ini kurang lebih antara 320.000 - 420.000 permeter persegi sementara untuk dinding konvensional 175.000-200.000 permeter perseginya. 

Bagaimana proses produksinya? 
Berdasarkan pengalaman dilapangan, proses pembuatan dinding precast panel secara garis besar dapat dijabarkan sebagai berikut : Hal pertama yang perlu dipersiapakan adalah membuat molding atau cetakan. Ukuran cetakan ini sesuai desain yang direncanakan. 
Persiapan molding atau cetakan
Langkah selanjutnya adalah memasang tulangan rebar, rebar yang umum digunakan adalah untuk panel dinding ini adalah wiremesh, ukuran wiremesh tergantung hitungan beban desain yang digunakan. Setelah rebar terpasang, pada bagian tertentu yang nanti akan digunakan sebagai pengait ke struktur dipasang bracket embedded. Setelah selesai kemudian dicor perlayer. 
Persiapan pasang rebar wiremesh
Molding atau dicetakan saat pengecoran diberi fibrasi atau getaran tujuannya supaya beton dapat tercor dengan sempurna. Bagaimana mutu material betonnya? mutu untuk dinding precast tergantung spesifikasi yang disyaratkan, pengalaman diproyek saya menggunakan f'c 25 Mpa.
Proses pengecoran
Metode Pelaksanaannya?
Pada struktur bangunan dipasangan system embedded, biasanya menggunakan plat yang didynabolt ke struktur. Precast kemudian diereksi ketempat pemasangan menggunakan bantuan TC atau alat angkat yang lain ke arah pemasangan. Didaerah pemasangan tersebut sudah diinstall chainblock (rantai angkat). Dari gantungan TC tadi dipindahkan ke chainblock. Saat seling TC dilepas, sekarang yang chainblock yang bekerja.

Dari chainblock tadi diatur pelan-pelan dengan cara dikerek dengan tangan sampai dengan posisi yang diinginkan. Sesudah posisi benar, embedded yang ada di precast dan di struktur dilas agar saling mengikat selanjutnya Chainblock dilepas dan siap ereksi untuk dinding panel yang lain. Kalau sobat punya pengalaman tentang precast mangga sharing di mari....

Related Posts

10 comments:

  1. kirain biaya strukturnya lebih murah. Tp kalau secara overall saya yakin memang lebih murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga, dengan waktu yang lebih cepat dan minimnya repair.

      Delete
  2. meskipun harganya lebih mahal namun ketika dipakai dalam project akan meminimalkan waktu pengerjaan.

    ReplyDelete
  3. wow, bisa 2x lipat lebih harganya. tp hasilnya bagus, ndak mletot-mletot.

    ReplyDelete
  4. saya yakin dengan menggunakan panel dinding precast untuk proyek lebih murah daripada menggunakan batu bata karena lebih rapi tidak perlu dipotong-potong layaknya yang kita ketemui pada pengerjaan proyek.

    ReplyDelete
  5. Yg pasti ngirit ongkos tukang

    ReplyDelete