April 19, 2014

Beli sepeda motor di Jakarta tapi tidak punya KTP Jakarta

| April 19, 2014
Apakah bisa beli sepeda motor di Jakarta kalau tidak punya KTP Jakarta ? Pertanyaan ini Mungkin mewakili sebagian teman-teman luar daerah yang pingin beli motor untuk keperluan sehari-hari. Jawaban dari pernyataan diatas tentu bisa, lha beli sepada motor pake duit, yang penting duit ada, namun KTP nanti digunakan sebagai dasar Pengurusan STNK dan BPKB. Kalau menggunakan plat B ya harus domisili Jakarta atau sekitarnya.
Sepeda Motor
Kalau pun ternyata ingin membeli, beberapa opsi ini mungkin bisa dipertimbangkan. Opsi pertama adalah membeli di daerah asal kemudian dikirim. Secara pengurusan administrasi tidak ribet. Opsi kedua membeli di Jakarta dan meminta dealer bersangkutan mengurus STNK daerah asal. Catatan tidak semua dealer sanggup mengurus ini dan tentunya ada biaya tambahan, disisi lain untuk daerah tertentu pengurusannya memakan waktu lama. Sebagai contoh untuk wilayah Kediri kalau diurus dari Jakarta STNK bisa 4-5 bulan (tergantung wilayah masing-masing).

Opsi ketiga adalah membeli dengan menggunakan KTP teman atau saudara yang berdomisili di Jakarta, kelemahannya adalah BPKB dan STNK Atas nama yang bersangkutan, akan repot pada waktu pengurusan pajak, karena harus pinjam KTP. Apapun pilihannya pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat membantu.

Related Posts

5 comments:

  1. Sudah tahun 2016 apa masih seperti ini ya?

    ReplyDelete
  2. apakah opsi ketiga masih berlaku di Jakarta?

    ReplyDelete
  3. Klo beli off the road, kemudian stnk n bpkb diurus sendiri di daerah gimana?

    ReplyDelete
  4. Saya mau tanya
    Saya ktp lampung lalu beli motor baru dimalang dengan menggunakan ktp lampung, dan motor ini akan saya jual, pertanyaanya apakah bisa pemilik baru ini melakukan balik nama atau kepemilikan atas nama dia???

    ReplyDelete