November 3, 2014

Teori Butterfly Effect

| November 3, 2014
Entah kenapa tiba-tiba sangat tertarik menulis tentang "Butterfly Effect" ini, mulai mengetahui istilah Butterfly Effect ini beberapa tahun silam dari nonton film yang judulnya juga sama "Butterfly Effect'. Dalam film tersebut tokoh utama memiliki kemampuan merubah suatu keadaan dimasa lalu dan dampaknya masa depan juga berubah. Film fiksi memang, namun yang menarik disini kenapa sang sutradara memberi judul Butterfly Effect.

Dari browsing google banyak sekali tulisan atau artikel yang menulis teori Butterfly Effect ini. Satu hal yang dapat saya simpulkan (versi saya) bahwa kejadian kecil saat ini akan berpengeruh signifikan dimasa depan. Apakah anda pernah mengalami kejadian yang dimaksud? picture taken from : http://www.designrulz.com/product-design/light/2010/05/1631/


Saya sendiri memiliki pernah mengalami hal ini, tidak saya jelaskankan panjang lebar ya, namun pada prinsipnya saya dulu melakukan tindakan kecil dan tidakan tersebut berdampak signifikan pada posisi saya saat ini. Bagaimana itu terjadi? itu sepertinya diluar kuasa kita sebagai manusia. Karena tindakan kecil ini sangat berdampak sangat signifikan, seyogyanya tindakan-tindakan yang kita lakukan adalah demi unsur ibadah dan kebaikan.

Dan banyak sekali contoh-contoh baik yang kita jalani secara langsung maupun dari pengalaman orang lain tentang teori Butterfly Effect ini. Istilah Batterfly effect dalam Chaos teori dilakukan pendekatan dengan ungkapan seperti ini : "Sebuah pemikiran bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil secara teori dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian." Kalau dipikir secara logika tidak ada hubungan yang jelas antara kepakan sayap kupu-kupu dengan terjadinya Tornado di Texas beberapa bulan kemudian.

Dan dalam ajaran Agama pun disebutkan sekecil apapun tindakan yang dilakukan akan mendapat balasannya. Akhirul kata semoga hal kecil yang kita lakukan saat ini adalah kebaikan, dan akan menjadi kebaikan-kebaikan yang besar diwaktu mendatang.

Related Posts

2 comments:

  1. iya saya sependapat...sekecil apapun bisa berakibat besar..berbuat baik meski kecil, bisa berdampak besar..begitu juga meremehkan sesuatu hal yang kecil, bisa fatal juga ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bang Danni, hal yang kecilpun kadang bisa menjadi besar

      Delete