February 27, 2015

Asam lambung dan upaya mengatasinya

| February 27, 2015
Asam Lambung naik dan upaya penanganannya. Saya sendiri beberapa kali pernah mengalami naiknya asam lambung. Dari beberapa kali tersebut dapat saya tarik kesimpulan beberapa penyebabnya.

Penyebab yang sering saya alami antara lain karena sehari sebelumnya telat makan dan hal ini membuat perut melilit dan esok harinya mengalami asam lambung naik.

Penyebab yang lain adalah karena kurang tidur, kebetulan saya sendiri hobi nonton bola, sehingga waktu tidur standar menjadi kurang, itu juga sebagai pemicu asam lambung naik.

Nyeri asam lambung
Pernah juga mengalami naik asam lambung waktu memakan snack ringan, entah kenapa bumbu snack itu merekat dalam mulut, lama kelamaan membuat pusing, asam lambung naik dan muntah-muntah.

Saya juga pernah mengalami naiknya asam lambung karena meminum kopi dingin atau juga kopi yang airnya tidak dipanaskan sampai mendidih.

Terlalu capek atau kurang istirahat juga memicu asam lambung naik lebih cepat terutama apabila melakukan pekerjaan dengan pressure dan berfikir keras. Makan-makanan pedas dikala perut kosong juga mengakibatkan pemicu naiknya asam lambung.

Penyebab yang lain yang pernah saya alami adalah kehujanan atau pakaian yang basah terutama diarea perut dan badan dapat menyebabkan naiknya asam lambung.  Juga hindari saat berkendaraan untuk langsung terkena angin luar atau setidaknya angin tidak langsung menerjang tubuh, minimal dengan menggunakan jaket atau pelindung lainnya.

Ciri-ciri yang saya alami ketika terkena asam lambung naik yaitu tiba-tiba penghilatan menjadi buram atau gelap sebagian diikuti pusing serta disusul keringan dingin, kemudian timbul rasa mual mau muntah-muntah.

Beberapa kali dari kejadian yang saya alami, saya juga berupaya mencari upaya penyembuhan, beberapa cara yang saya pakai (tentunya bisa sama bisa beda tiap-tiap orang) antara lain :

1.   Menghindari Makanan berminyak, pedas, bersantan atau makan-makanan instan.
2.   Mengkonsumsi rebusan ubi rambat, belum ada penelitian resmi yang saya baca sih, tapi dengan mengkonsumsi ini membuat perut saya terasa lebih dingin.
3.   Buat istirahat yang cukup, istirahat yang paling baik adalah tidur.
4.   Cara yang keempat ini cukup efektif dari pengalaman yang saya lakukan untuk menghindari mual dan muntah dikala asam lambung naik yaiut dengan mengunyah permen karet. Permen karet ini memicu kelenjar lidah untuk memproduksi air liur, air liur itu dapat mempercepat proses pengeluaran asam lambung.

Begitulah sharing dari saya, saat menghadapi problema naiknya asam lambung, semoga sharing diatas dapat membantu, tips-tips diatas murni dari pengalaman saya pribadi, sehingga tiap orang  hasilnya bisa berbeda-beda. Penulis masih menyarankan agar segela sesuatunya tetap dikonsultasikan dengan pihak yang berkompeten seperti dokter... Semoga dapat membantu.

Related Posts

10 comments:

  1. Istri saya juga bermasalah dalam urusan lambung, Kang. Hanya saja dalam sebulan terakhir mencoba minum jeruk nipis setiap pagi. Ini dilakukan setelah gugling manfaat jeruk nipis terhadap lambung dan alhamdulillah sekarang jauh lebih baik. Kurang lebih, ternyata sifat masam dari jeruk setelah melalui lambung bisa berubah menjadi alkaline yang bisa memperbaiki struktur dinding lambung dan usus,
    walluhu a'alam

    ReplyDelete
  2. Karena anggapan saya dari dulu, kalau punya masalah lambung itu tidak boleh kena yang asam-asam apalagi sebelum makan. Tapi mungkin saja info yang pak is berikan itu memutar balikkan paradigma saya selama ini tentang masalah lambung.

    ReplyDelete
  3. saya dulu sering kena serangan GERD, dokter kasih omeprazole. tipsnya habis makan jangan tiduran

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih infonya, saya beberapa kali habis makan kemudian tiduran, ternyata itu tidak baik

      Delete
  4. Postingan yang sangat bermanfaat, saya pernah denger katanya lambung itu bisa berbahaya dan menjalan kemana2 kalau dibiarkan sakit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mumpung sedari awal harus di threatment biar tidak berkembang. Terima kasih sudah mampir

      Delete
  5. Pas asam lambungku lagi naik....., nyobain no 3 ah.... Tidur.....

    ReplyDelete
  6. sy sering ngalamin tu mual2 & pusing biasanya kalau kurang istirahat :)

    ReplyDelete