Self Development

Teknik Menghafal Dengan Bercerita

Featured Post Image - Teknik Menghafal Dengan Bercerita

Bagaimana jika suatu saat anda diperintahkan untuk menghafal 10 kata, anda diberikan waktu 30 detik untuk menghafalkan 10 kata tersebut. Kemudian anda disuruh untuk menyebutkan satu persatu, apakah anda mampu menyebutkan semuanya dengan benar? Jika anda bisa berarti ingatan anda memang bagus.

Mengingat!

Sekarang untuk mengetes, marilah kita hafalkan 10 kata benda berikut, waktu untuk kita menghafal adalah 30 – 45 detik.

1. Macan
2. Sapu
3. Panci
4. Sandal
5. Gelas
6. Piring
7. Sepeda
8. Kucing
9. Stempel
10. Topi

Ya sudah waktu kita sudah berjalan 45 detik, sekarang saatnya anda menyebutkan satu persatu. Apakah anda sudah bisa menghafal dengan benar? kalau anda masih kesulitan menghafal mungkin cara dibawah ini bisa dicoba.

Untuk menghafalkan beberapa kata diatas kita bisa mencoba merangkai kata – kata diatas menjadi sebuah cerita. Berikut ini versi saya dan sebenarnya anda bisa berkreasi dengan cerita atau imajinasi anda sendiri yang menurut anda lebih menarik dan gampak untuk diingat.

Ada macan menabrak sapu kemudian jatuh ke panci setelah itu dia menggunakan sendal, karena haus dia minum menggunakan gelas dan kemudian diletakkan diatas piring, disebelahnya ada sepeda kuno yang dinaikin kucing yang sedang menyetempel topi kesayangannya.

Dengan teknik bercerita diatas akan membantu kita dalam mengingat urutan 10 kata diatas. Bahkan esok hari pun anda masih bisa mengingatnya. Silahkan anda mencoba dengan versi anda.

0 comments Teknik Menghafal Dengan Bercerita

ndop says:

aku berhasil mas… tapi ceritoku gak ngono, tapi ngene:

macan nggawe sandal, topian, pinggire enek kucing sing distempel, macane nyapu panci, ning njero panci enek piring karo. Macane nyapu karo ngombe ning gelas. Sebelahe macan enek sepeda.

norjik says:

Wahahaha .. ide yg bgs tuh. Kbtulan kmrn saya psikotes harus hafalan model2 gini nih .. he he … Keren dah 🙂

OpenIDea says:

ada banyak cara mas… coba baca bukunya Tony buzan, salah satunya memang bercerita… tapi ada teknik lain namanya Teknik Cantol (hmm lupa bahasa inggrisnya kalo gak salah Pagging)

tekniknya begini

kalo kita bayngkan angka satu itu asosiasinya apa? kalo saya misalnya dengan tongkat..

angka dua apa?… bebek misalnya

angka tiga? telinga

tiap orang beda ya

dan seterusnya

sekarang

dengan urutan di atas

kalo pertama macan maka saya asosikan macan dipukul tongkat

kedua sapu… dua bebek dan sapu,, hmmm saya mengusir bebek dgn sapu

dst

teknik ini sudah di kembangkan KPI Masjid Al Falah surabaya

untuk menghapalkan Juz AMma beserta Artinya bagi anak2 TPQ…

hasilnna anak2 bisa hapal juz amma, sampai nomor ayat plus artinay dengan cepat

dah pernah dengar?

annosmile says:

jadi inget mas..
ketika saya menghafal kata-kata dengan menggunakan teknik jembatan keledai..
yang dihapalkan huruf paling depan diikuti huruf vokal

cantigi says:

perasaan dua2nya ribet jg ya, heuheuu…

Anonymous says:

Hhmm…saya pernah dapat Teorinya Mas,,, tapi belum pernah mempraktekkannya sampai sekarang… hihihihi,,, Tapi keren bener tuwh….

hanif says:

bagus buat hafalan dasar. kalau hafalan tingkat lanjut kayaknya ribet deh.

Anonymous says:

anda pernah ikut megabrain atau quantum sejenisnya ya? hahaha. Saya masih ingat teknik cerita ini. Ada lagi teknik lain seperti teknik lokasi, teknik cantol, dan jembatan keledai.

Tapi memang teknik cerita dan cantol paling asik digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *