Mengunjungi Camp Vietnam

Berkunjung ke Camp Vietnam. Jika waktu kecil dulu saya hanya mendengar tentang berita perang vietnam dan mungkin hanya gambaran sekilas dari film tentang perang tersebut terutama di TV saat itu.

Memang perang vietnam itu terjadi di akhir dekade 1970 an. Dari kisah kelam peperangan itu, sebenarnya ada sejarah yang terukhir di Indonesia. Kok bisa? Perang saudara antara Vietnam utara dengan Vietnam Selatan.

Vietnam Utara pro Komunis dibantu China, sedangkan Vietnam Selatan dibantu oleh Amerika. Pada film yang saya tonton tentang perang di Vietnam ini, setiap film selalu menceritakan dominasi tentara amerika, tapi apakah memang demikian, tatkala penduduk Vietnam Selatan waktu itu melarikan diri saat perang terjadi.

Saat ekspansi rakyat vietnam selatan pasca perang, banyak diantara mereka pergi ke negara-negara sekitar. Sehingga saat itu UNHCR (salah satu organisasi PBB tentang kemanusiaan) mendirikan tempat penampungan di Pulau Galang Indonesia atau lebih terkenalnya disebut dengan Camp Vietnam.


Saat ini Camp Vietnam adalah salah satu andalan tempat Wisata di Batam. Memang dari Batam kita perlu menyebrang beberapa pulau lagi ke tempat ini. Untungnya antar pulau itu sudah dihubungkan dengan jembatan sehingga kita dapat melaluinya dengan kendaraan. Kalau dari Batam kita akan menyeberang bebarapa jembatan, tentu saja yang paling menarik adalah saat kita melewati jembatan yang pertama, ya itu adalah jembatan Barelang. Jembatan yang menjadi icon kebanggaan warga Batam.


Memasuki Camp Vietnam ini, suasana saat tempat ini dihuni dulu memang sangat terasa. Pada kediamannya seolah menyembunyikan rahasia dan sejarah tentang pedihnya peperangan. Sekitar 250 Ribu pengungsi ada di Camp ini, pengungsinya dulu multi agama hal ini ditandai dengan dibangunnya kuil dan gereja.


Di Camp ini juga dibangun tempat Sekolah, Rumah Sakit, Rumah peribadatan, dan tempat pertemuan. Saat saya datang kesana memang hanya bangunan tua yang terlihat dimata saya. Namun hal itu tidak bisa menyembunyikan gambaran kehidupan kala itu kepada kami.

Disebuah musium tepat ditengah area Camp ini, memberikan informasi pada kita apa yang terjadi selama masa pengungsian tersebut. KTP penghuni yang masih tersimpan di musium ini, serta potret yang tertempel di dinding-dinding musium mengenai peran bangsa kita terhadap Camp ini, yang saat itu Almarhum Jendral Suharto yang memimpin. Camp yang ditinggal penghuninya semenjak tahun 1996 ini memang layak kita jadikan kunjungan wisata, karena banyak pelajaran yang tersimpan didalamnya.



Jadi jika anda berkunjung ke Batam, jangan lupa mengunjungi tempat bernilai sejarah ini, mari bersama kita lestarikan dan promosikan. *Mendukung Visit Indonesia*

Related Posts

0 Comments

  1. Yeah, saya malah baru tahu kalau pernah ada camp vetnam di Indonesia.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.