Aktualisasi itu nggak mandang usia

Belajar itu nggak ada batasan usia. Penulis sangat setuju ya dengan statement ini. Karena belajar adalah suatu upaya untuk mengupgrade diri, aktualisasi diri terhadap ilmu baru, menambah wawasan, meningkatkan skill dan lain sebagainya. Apalagi klo dengan suasana Happy belajarnya…

Walaupun sedang sibuk pun, aktualisasi diri itu penting. Sehingga meluangkan waktu barang 10 – 15 menit sehari menurut penulis sudah cukup baik. Banyak hal yang bisa dilakukan yang dilakukan, salah satu nya adalah memperdalam penguasaan Bahasa Inggris.

Kenapa Bahasa Inggris

Yang pertama adalah perlu sekali mengupgrade kemampuan bahasa Inggris Penulis. Bahasa Inggris terutama speaking, ya tentu klo bisa dialog cas cis cus dengan bahasa Inggris tentu memiliki point plus tersendiri. Walaupun masih tahap awal, namun sebenarnya belajar speaking ini seru juga. Ternyata klo didalami seru, terutama pengucapan kata, banyak kata yang biasa kita ucapkan ternyata masih kurang tepat pelafalannya. Dengan banyak belajar tentu akan melatih pengucapan kata yang benar…

Upgrade skill dan kemampuan itu perlu

Yang kedua adalah Belajar Listening atau mendengarkan. Karena menurutku klo paham apa yang diucapkan tentu akan dapat mudah mengerti apa yang dimaksud dalam sebuat kata, kalimat atau dialog. Ini yang krusial sih klo menurutku. Menangkap dan memahami kata ini lho kuncinnya, coba klo nggak bisa membedakan pengucapan antara “Beach” dan “Bitch” 🙂 hahaha. Kemudian ada juga yang belajar tata bahasa (grammar dll).

Terus medianya apa? Banyak sih ya. Mendengarkan lagu salah satunya. Pas dengar lagu coba tangkap kata-katanya, klo sudah terekam, coba bandingkan yang tertangkap dikepala kita tadi dengan original liriknya. Beda nggak, kalau semakin terbiasa akan semakin banyak kosakata yang bisa kita dengar dengan baik. Kadang kita sulit menangkap karena kita tidak bisa menangkap pengucapannya. Jadi dengan latihan ini sangat membantu.

Media yang lain tentu bisa dengan les atau kursus. Banyak saat ini kursus online, baik speaking, grammar, Toefl dan lain-lain dengan materi yang baik dan harga yang bersahabat.

Dengan upgrade diri pada bidang apapun, seperti halnya membuat titik-titik baru. Membuat dot – dot baru. Jika hal yang dilakukan itu positif dan menambah kemampuan lakukan saja. Karena suatu saat semua hal – hal yang kita lakukan pasti akan berguna dan akan saling berkaitan dengan sendirinya. Itu lah yang disebut Connecting the dot.

Saat ini mari buatlah dot-dot positif yang baru, yang nantinya akan berguna dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *