Mengapa pemain bola bertukar kostum ?

Jika anda penggemar sepak bola seperti saya ini, tentu anda pernah mengamati setelah peluit panjang ditiup wasit pertanda pertandingan telah usai, kedua kesebelasan saling bertukar kostum. Suatu hal yang lazim yang sering kita lihat dalam sebuah pertandingan sepak bola. Tentu saja saya atau pembaca pernah berfikir atau mungkin bertanya-tanya mengapa hal itu dilakukan. Saya menemukan artikel Jersey Swaps, a Ritual With a Story ini di nymag.com mengenai sejarah awal mula tukar kostum itu.

Bertukar Kostum

Ritual tukar kostum ini ternyata sudah dimulai sejak tahun 1931 pada pertandingan Inggris melawan prancis. Prancis mengalahkan Inggris dan itu adalah kemenangan pertama Prancis atas Inggris, yang saat itu Inggris adalah tim tangguh. Pemain Prancis bertukar kostum dengan pemain Inggris sebagai kenang-kenangan atas kemenangan Prancis saat itu.

Makna dibalik ritual tukar kostum tersebut adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap kesebelasan lawan atas pertandingan yang telah dilakukan juga sebagai bentuk sportivitas dalam olah raga.

Related Posts

0 Comments

  1. ya bisa juga karena misalkan saya pemain bola ngefans ama pemain lain, suatu ketika bertemu di sebuah laga, jadilah minta kostum empunya. Si empunya pun minta kostum kita baik sebagai tanda penghargan

  2. Ya, saya sering lihat itu. Tapi apakah ini hanya berlaku bagi timnas saja. Kalau klub seperti Indonesia setiap habis tanding tukeran kaos, offisialnya bisa marah…

  3. saya mau kaos nya messi aja. Kaos ozil sama sweinsteiger juga boleh ^^

    Btw sekarang tukar kaos cuma sebagai formalitas aja untuk menjaga image 'sporivitas' dan 'fair play'

Leave a Reply

Your email address will not be published.