ciput mardianto

ciput mardianto

Pemenang PilPres 2014

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
PEMILIHAN PRESIDEN 2014

Pemenang Pemilu Presiden 2014-2019. Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia masa pemerintahan 2014-2019 memunculkan 2 kandidat utama yaitu Pasangan Jokowi – Jusuf Kalla akan maju besaing dengan pasangan Prabowo – Hatta Rajasa. Bagi orang seperti saya, dengan rutinitas kesehariannya (kurang update informasi perpolitikan selama ini),  menentukan pemimpin adalah hal yang tidak mudah. Tentunya dengan kemajuan dunia infomasi, saya dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar kedua calon pasangan tersebut.

Sebagai seseorang yang mencari informasi senetral mungkin, harapan saya adalah agar pemimpin terpilih nanti adalah seseorang yang benar bertindak untuk Indonesia bukan ditunggangi kepentingan, kepentingan untuk mendapatkan kekuasaan, kepentingan pemilik modal, apalagi kepentingan politik luar negeri bangsa lain. Pemimpin yang melakukan langkah nyata buat rakyat dan yang bisa membuat kita berdiri dirumah sendiri. Memperjuangkan sumberdaya alam untuk negera dan melawan hegemoni asing terhadap penguasaan aset kekayaan alam negera kita.

Namun mudahnya informasi yang kita dapat, tidak lantas membuat kita dengan gampang menentukan pilihan. Tidak dapat disangkal beberapa media menyampaikan informasi secara sepihak berdasarkan kepentingan orang dibelakang meja. Saling serang opini diantara pendukung keduanya, Jika dulu saya beranggapan membaca media untuk mencari pembenaran ternyata salah. Banyak informasi yang terlalu dilebih-lebihkan dan menjadi racun jika tidak benar-benar difilter.

Hal yang menurut saya menarik akhir-akhir ini adalah saling menjatuhkan kedua kubu di media Sosial, seperti Facebook dan Twitter. Jika hal yang disampaikan adalah data-data faktual menurut saya tidak apa-apa malah sebagai bahan pertimbangan. Namun berbeda halnya jika data-data yang disampaikan adalah  tidak valid dan disertai judgement dibelakangnya sebagai alat saling serang. Ya kita sadar betul bahwa seperti inilah politik. Anda masih percaya “Tidak ada hal baik yang didapat dari cara tidak baik” ?

Siapakah Calon presiden kita nanti ? Sebagai warga negera pasti kita berharap siapa yang menang nanti adalah yang terbaik. Disinilah peranan kita sebagai pengguna hak pilih, diberi kekebasan untuk menggali informasi sedalam-dalamnya. Harus pandai memilah informasi yang didapat. Dan menjadi tugas kita untuk cerdas dalam mencari informasi dan fakta agar tidak keliru dalam menentukan pilihan.

Sebagai penutup, dalam benak saya, jika 2 hal ini diterapkan oleh semua orang yang ada didalam negeri ini, bisa jadi kondisi kedepan menjadi lebih baik. Yang pertama adalah falsafah dari mbah buyut : rumongso melu handarbeni (merasa ikut memiliki), wajib melu hangrungkebi (wajib ikut membela dengan ikhlas), dan mulat sariro hangrasa wani (mawas diri dan memiliki sifat berani untuk kebenaran) dan yang kedua adalah Negera yang kuat jika setiap penduduknya pembelajar dan selalu ingin maju.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.