Hobi

Membuat DIY Bookshelf Sendiri

Featured Post Image - Membuat DIY Bookshelf Sendiri

Beberepa tahun yang lalu sebelum pandemi, saya beberapa kali menghadiri pameran audio. Saya sangat terpikat dengan suara Speaker SB Acoustic. Speaker buatan Surabaya ini, memiliki kualitas yang tidak kalah dengan speaker branded yang mahal sekalipun. 

Usut punya usut di website SB Acoustic disediakan buku panduan apabila ingin merakit Speaker Bookshelf sendiri. Ada yang kelas entry level hingga yang kelas atasnya. Saya sendiri mencoba merakit yang kelas Entry Levelnya. Namanya Microkit.

Saya sendiri pernah dengar kualitas suaranya. Speakernya berbentuk mungil namun suaranya cukup memberikan sensasi yang natural. Menurut saya, walaupun sekelas entry level namun sudah cukup baik.

Ini adalah Microkit – C yang sudah jadi. Proyek speaker ini yang ingin saya buat

Pertama-tama tentu saya beli Driver Speakernya. Desain ini menggunakan dua speker yaitu tweeter dan Mid Woofer. Oh ya spek yang digunakan bisa dilihat di website sb acoustic. Saya hanya meniru desain yang sudah ada disana.

Karena baru pertama membuat proyek ginian. Ya masih mencoba mendapat hasil yang maksimal. Kalau bikin speaker bookshelf beberapa skill yang harus dikuasai yang pertama ya Menyolder, terutama untuk membuat cross overnya, kemampuan menyolder diperlukan.

d
Skema crossover nya dari bawaan Petunjuk Manual

Setelah dirakit-rakit beberapa kali bingung penyambungannya, akhirnya ketemu petunjuk yang ada di facebook, seseorang yang juga sedang membuat cross over tipikal. Jadi yang tinggal amati, tiru dan eksekusi. Begini hasil cross overnya

Crossover microkit C SB Acoustic
Hasil Solderan Crossover Microkit C SB Acoustic

Kemudian skill yang kedua adalah Kerajinan Kayu, karena membuat box kayu, membuat lubang yang rapi, dan pengecatan serta finishing akhir diperlukan skill dibidang ini.

Project masih berjalan sih, kemarin sempat di test tanpa box, sepintas untuk suara mid dan high sudah ok, tinggal suara bassnya aja, kemarin belum maximal karena belum dipasang box nya. Ini percobaannya kemarin :

DIY Sb Acoustic Micro Kit
Sempat dipasang tanpa box untuk dijajal berfungsi atau tidak, suara udah ok kurang peningkatan di bass aja

Proyek masih berlanjut, nanti di update lagi, kalau sudah lengkap dan difinishing akhir. Dan ini adalah hasil setelah jadi. Lumayan untuk seorang pemula dan sebuah Proyek Speaker DIY. Bisa dilihat di video dibawah

Hasil Jadi DIY Speaker Bookself SB Acoustic Microkit C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *