Bisnis

Pentingnya sebuah Feedback

Featured Post Image - Pentingnya sebuah Feedback

Feedback sangat berguna dalam usaha menyempurnakan suatu barang atau jasa. Feedback yang berasal dari calon pembeli dapat memberikan data spesifik apa – apa saja yang diinginkan seorang calon konsumen.

Untuk memaksimalkan feedback yang didapat, supaya feedback tersebut efektif menyempurnakan sebuah produk:

  1. Feedback didapat dari pembeli potensial. Bukan dari sahabat atau teman. Apalagi feedback dari orang yang masih dalam satu usaha tersebut.
  2. Buka pikiran – Akhiri pertanyaan. Saat mengumpulkan feedback, lebih banyak mendengar dari pada banyak bicara. Berikan dorongan konsumen untuk berbicara. Pilah siapa/apa/kapan/dimana/kenapa/bagaimana agar pertanyaan mengena. Amati bagaimana tindakan mereka dengan dengan apa yang mereka sampaikan
  3. Keep Calm. Mendengarkan feedback harus telinga tebal. Ga semua orang suka bayi nya (produk) yang baru lahir dikatakan jelek. Nggak usah menyerang ataupun bertahan. Keinginan mereka adalah bahan terbaik untuk membuat perbaikan
  4. Perlu penyaringan feedback yang masuk. Walaupun feedback memberikan informasi yang krusial untuk membangun sebuah produk agar disukai konsumen. Namun perlu juga dilakukan penyaringan data feedback yang masuk. Respon terjeleknya adalah ketika konsumen acuh terhadap barang. Sehingga produk tidak dapat perbaikan yang membangun.
  5. Memberikan peluang kepada konsumen potensial untuk melakukan repeat order.

Perlu juga dicari apa yang menyebabkan konsumen enggan untuk membeli… semoga bermanfaat. Novotel – Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *