ciput mardianto

ciput mardianto

Pekerjaan Beton Precast

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Pekerjaan Beton pracetak atau biasa disebut juga Precast. Jika saya dulu pernah berbagi cerita mengenai pekerjaan tiang pancang, kali ini saya ingin sharing dengan pembaca cipstuff.com mengenai pekerjaan precast atau lebih dikenal dengan sistem pracetak.

Tangga dengan sistem pracetak

Prinsip dari sistem pracetak ini adalah dicetak atau dicor terlebih dahulu sebelum di install. Seperti halnya sebuah sistem kerja, tentu saja ada nilai plus dan minusnya.

Anak tangga yang dibuat dengan pracetak

Berbicara tentang sistem precast maka hal pertama untuk dijadikan pertimbangan memakai sistem ini adalah bentuk yang tipikal dan jumlah yang banyak. Ingat bentuk yang tipikal dan jumlah yang banyak. Contoh pekerjaan yang sering dibuat menggunakan sistem precast antara lain, saluran air, balok, anak tangga dan pekerjaan – pekerjaan yang sifatnya berulang dan banyak.

Tempat pengecoran beton pracetak

Keuntungan menggunakan sistem pracetak antara lain waktu yang lebih efisien, memang sangat efisien jika jenis pekerjaannya tipikal. Sementara pekerjaan precast disiapkan kita bisa bekerja untuk bagian yang lain. Selain memiliki kelebihan sistem ini juga memiliki kekurangan, yang saya fahami antara lain system precast memerlukan analisa yang lebih rumit dibanding dengan cetak langsung ditempat. Kita harus memperhitungkan sistem sambungan, pertemuan tulangan apakah sudah memenuhi panjang penyaluran atau belum serta saat perencanaan sudah harus memikirkan lokasi pembuatan sistem pengangkutan dan sistem istallasi.

Tutup saluran yang dibuat dengan sistem pracetak

Segini saja yang dapat saya bagi kali ini. Semoga ini tulisan ini dapat menambah sedikit pengetahuan anda di dunia kostruksi. Maju selalu konstruksi Indonesia.

0 Responses

  1. kalo tangga precast nyambungnya tetep pake grouting atau ada cara khusus put? dan kalo pake sistem precast apakah betonnya mbikin sendiri dilokasi proyek?

  2. kalo rumah gw masih pake yang tangga biasa… yg naik-naik itu 😀

    niatnya diganti sih, jadi pake………. lift. (lho?)

  3. @dina: yo i din
    @arka : ya bisa
    @netmild: bisa juga mas
    @ndop: benar mungkin instilah dipasang jauh lebih mudah ditelaah
    @diaz : kalau diganti lift nanti akan bingung pas lampu mati

  4. @pak Putu: maaf sekali baru bisa menjawab. Memang dalam pelaksanaan trap tangga ini precast ini terpisah-pisah. Yang dicor ditempat adalah balok tangganya. Kebetulan balok tangganya di tengah-tengah trap. sambungan antara balok dan trap tangga digunakan embedded plat. ada plat dari balok dan ada plat dari trap kemudian disatukan dengan cara di las.

  5. Ciput.. Klo bisa tolong beri penjelasan mengenai Perbaikan kerusakan pada sistem tangga precast dunk. Thx b4 yoo

  6. ini salah satu produk pracetak….sangat bagus pak Ciput. saya mau menanyakan sedikit…apakah sambungan antar precast itu menggunakan produk khusus dan mudah dicari dipasaran atau bagaimana…itu saja pak pertanyaan saya…Salam dari Sarwono-Civil Engineer

  7. numpang sedikit share mas ciput, kebetulan aku bergelut di sistem ini. sistem join pracetak dengan cara di grout dengan semen groutingan, dipasaran banyak kok. sisa dicampur screet+air aja. demikian.trims

Leave a Reply

Your email address will not be published.