ciput mardianto

ciput mardianto

Tips aman mudik lebaran (must read this)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Lebaran tinggal hitungan hari. Bagi yang berencana mudik, tentunya jauh-jauh hari telah dipersiapkan. Fenomena mudik kali ini sebenarnya hampir sama dengan tahun sebelum-sebelumnya, dimana harga tiket untuk perjalan mudik dari h-7 sampai h+7 untuk disemua jalur bisa sampai 100 persen bahkan lebih.

Sedikit berbeda dari tahun lalu, ya libur lebaran kali ini bertepatan dengan pengumuman hasil pemilu. Harapan kita semua supaya situasinya selalu kondusip.

Lebaran penuh rahmat dan penuh rejeki. Pegawai mendapat Thr, pengusaha travel kebanjiran orderan, toko baju ludes diserang pembeli, orang yang lebih bersedia berbagi. Tapi yang terpenting adalah bisa silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga.

Membeli tiket kereta api untuk persiapan lebaran itu perlu perjuangan. Dua bulan dibuka sebelum lebaran dengan segera tiket terjual habis. Beberapa waktu kemudian ada tiket kereta tambahan juga dengan segera habis terjual. Benar-benar perjuangan. Semoga ada pengaturan ditahun depan supaya mudik bisa menjadi nyaman. Banyak hal menarik di rencana mudik empunya blog kali ini, mungkin tak hanya dirasakan saya saja namun dialami oleh ratusan ribu atau mungkin jutaan orang lainnya. Salah satunya Adalah sulit mencari tiket kereta api. Kereta api salah satu moda transportasi yang masih menjadi pilihan favorit, sekarang naik kereta sudah sangat nyaman.


Berbicara mudik, mungkin fenomena ini kita jumpai hanya ada di Indonesia. Terkait persiapan mudik ini, kemarin group di whatsapp saya memberikan beberapa tips mudik, setelah saya baca beberapa tips tersebut mampu membuat saya tersenyum (silahkan dibaca – don’t be serious) :

Pertama

Sebelum mudik, periksa kembali apakah rumah anda sudah dalam keadaan terkunci dan pastikan anda sudah tidak berada didalamnya.

Kedua

jika anda mudik menggunakan pesawat terbang atau kapal laut, usahakan jangan naik apa lagi turun ditengah perjalanan.

Ketiga

waspada terhadap orang asing yang berbaik hati menawarkan minuman-makanan. Demi keamanan usahakan minta “mentahnya” saja

Keempat

mengantisipasi sesaknya penumpang. Hindari membawa barang yang tidak perlu seperti: bantal, kasur apalagi mesin cuci.

Kelima

Bawa bajunya jangan banyak-banyak karena ini mudik, bukan pindah rumah.

Keenam

Tips mudik yang terakhir yang paling penting adalah pastikan anda punya kampung halaman.

Selamat bermudik. Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.

0 Responses

  1. hhh ono ono wae sampean kie Kang.

    Aku mudik ke Lumajang biasanya setelah jalanan sepi, H+4 berangkat malam hari, jalanan lengang cuman harus kuat nahan ngantuk

  2. Assalaamu'alaikum wr.wb, Ciput…

    Hehehe… tips yang lucu dan tentunya akan diingat. Saya, kalau mudik suka bawa bantal lebih kerana bimbang di rumah kampung tidak cukup bantal. Ahli keluarga saya rame. Ertinya sediakan payung sebelum hujan.

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

Leave a Reply

Your email address will not be published.