Self Development

Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

Featured Post Image - Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

Ketika kita membaca judul postingan diatas, kemudian kita berfikir mengapa berinvestasi sejak dini itu penting ? atau dapat juga dikatakan mengapa menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi itu penting?  Nah alangkah baiknya sebelum menjawab pertanyaan itu mari kita pahami bersama konsep “Time Value of Money”.

Contoh pertama: kasus yang sederhana saja, dulu tahun 2008, saya masih ingat sekali, karena masih nge kost untuk mendapatkan indomie rasa ayam bawang spesial kita harus bayar Rp. 900, sedangkan saat ini untuk mendapatkan barang yang sama indomie rasa ayang bawang spesial kita harus bayar kurang lebih Rp. 2.500. Berarti kan dapat disimpulkan nilai tukar uang tiap tahun melemah.

Dulu untuk beli 1 indomie cukup dengan uang 900 saja sekarang harus dengan uang 2.500. Seperti halnya saat ini kita punya tabungan di bank senilai 200 juta bisa untuk beli Barang A, B, C saat ini, bisa jadi 2 atau 3 tahun kemudian hanya bisa buat beli A dan B saja.

Hal ini disebabkan oleh Inflasi, oleh sebab itu sangat perlu melindungi Harta kita dari gerusan Inflasi. Salah satu caranya dengan investasi.

Contoh Kedua : dalam kasus seperti ditampilkan dalam slideshare dibawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *