Travelling

Mamuju Sulawesi Barat

Featured Post Image - Mamuju Sulawesi Barat

Akhirnya saya sampailah di Mamuju, Sulawesi Barat. Di Mamuju inilah terletak gedung-gedung pusat pemerintahan. Sebagian besar gedung-gedung tersebut terdampak akibat gempa. Gempa yang terjadi beberapa kali tersebut mengakibatkan banyak gedung yang mengalami kerusakan. 

Ke Mamuju sendiri harus transit dulu di Makassar. Dan penerbangan yang menuju ke kota ini hanya ada kurang lebih 2 kali sehari (cmiiw). Secara garis besar kota Mamuju ini sangat indah karena berada ditengah antara laut dan pegunungan. 

Mamuju Sulawesi Barat

Saat ini Kota Mamuju, Majene dan sekitar khususnya, maupun provinsi Sulbar pada umumnya sedang berjuang untuk bangkit kembalisetelah gempa yang terjai. Banyak sekali hal-hal menarik yang saya amati disini. Terutama Kultur Budaya, maupun kearifan lokal dimana ini adalah bagian dari kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Saya percaya suatu yang dinilai sebagai budaya selalu memiliki nilai yang terkandung di dalamnya.

Hal menarik yang saya amati adalah desain rumah adat. Ciri khas rumah adat atau disini disebut dengan Boyang.

Rumah Boyang Sulawesi Barat
Da’dua Tassisara, tallu tammallaesang. Dua tak terpisahkan, Tiga saling membutuhkan. Dua disini adalah Hukum dan Demokrasi dan Tiga adalah Ekonomi, keadilan dan persatuan. Sebuah nilai kearifan lokal yang menjadi Universal.

One comment Mamuju Sulawesi Barat

Mamuju Sulawesi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *