Yulian Ayu Pratiwi

Yulian Ayu Pratiwi

Bawang Merah untuk mengatasi Flu pada Balita

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Sekarang ini lagi musim pancaroba, siang sangat terik dan panas pada malah harinya terkadang suhu menjadi sangat dingin, belum lagi hujan deras yang bisa datang setiap saat, angin kencang juga cukup sering datang diantara bulan September sampai Februari ini. Dengan Cuaca seperti ini mau tidak mau imunitas anak balita harus diperkuat.

Ketika anak sakit dan tidak mau minum obat tentu membuat orang tua menjadi pusing tujuh keliling, padahal obat diperlukan untuk segera menyembuhkan penyakit pada balita. Ada sebagian balita yang justru jika dikasih obat malah dimuntahkan. Kalau mengelami hal demikian dan saya rasa banyak juga yang mengalami kasus seperti ini.

Seperti pepatah kuno bilang “Blessing in disguise”, didalam suatu ujian selalu ada sisi positif yang diambil. Tentu setiap ujian terdapat nilai positif maupun negatifnya. Sisi positifnya anak jadi tidak sering terpapar zat kimia dan sisi negatifnya penyembuhan lama dan tentunya pasti ada drama ketika anak sakit. Ketika anak sakit flu diawali dengan bersin-bersin sebagai ibu harus tanggap dengan memberikan anak air hangat plus madu. Setelah beberapa waktu tetap bersin dan beberapa jam kemudian keluar lendir dari hidung, saya langsung ke dapur mencari jimat merah. Ya bawang merah adalah jimat ketika anak flu.

Bawang merah adalah bumbu dapur yang harus selalu ada di keranjang belanjaan ketika kepasar. Walaupun jarang masak, ketika ada bawang merah didapur membuat hati tenang kalau tiba-tiba anak flu tengah malam.

Bawang Merah untuk mengatasi flu balita dan anak

Resep bawang merah untuk flu balita sebagai berikut :

  1. Yang perlu disiapkan : Parutan keju, bawang merah 2 buah, minyak putih, garam dapur, dan tempat cekung 1 buah.
  2. Cara membuat : kupas bawang merah, parut bawang merah, campur dengan garam sedikit dan minyak putih.
  3. Cara Penggunaan : Sapukan di pelipis dan batang hidung anak ketika anak sedang tidur, sisanya taruh ditempat cekung untuk ditempatkan di dekat hidung anak. Sesaat kemudian pasti langsung keluar lendir dari hidung anak dan anak pasti tidur dengan nyaman sampai keesokan harinya.

Demikian tips sederhana penggunaan bawang merah untuk mengatasi flu pada anak / balita. Semoga tips ini berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.