29 July 2008

Waduh Psikopat Nggak Ya ?

29 comments
Tercengang dengan aksi pembunuhan yang dilakukan oleh Verry Idham Henyaksah alias Ryan yang saya baca disini dan disini! serta macam - macam pembunuhan yang sadis, saya baca disini! Ada satu garis lurus yang menghubungkan masing-masing peristiwa yaitu sebagian besar pelakunya adalah psikopat. Psikopat ? sebenarnya apa sih psikopat itu ? kang Wikipedia asal indonesia menceritakan tentang apa itu psikopat, berikut diskusi saya dengan kang Wiki. Saya Tulisan Merah dan kang wiki tulisan warna ungu muda!


Aku(A): "Kang Bisa dijelaskan apa itu Psikopat? "
Kang Wiki(Wiki):" Begini dek ya, Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut "orang gila tanpa gangguan mental". Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau dirumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan."
A:"O jadi begitu ya kang, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang psikopat ?"
W:" Sebenarnya sulit untuk mengetahui, namun ada ciri2 seseorang yang dikatakan psikopat, namun nggak mesti selalu psikopat lo!".
A:"Apa itu kang ?"
W:"Begini ciri-cirinya :
  1. Sering berbohong, fasih dan dangkal. Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain. Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya dan mengolahnya seakan-akan itu fakta. apakah Koruptor termasuk didalamnya kang? iya kali
  2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat. klo seorang blogger? Bukan itu hanya narsis saja! Terus ciri-cira yang lain kang? Nih ciri-ciri yang lain!
  3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
  4. Senang melakukan pelanggaran dan bermasalah perilaku di masa kecil.
  5. Sikap antisosial di usia dewasa.
  6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
  7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
  8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
  9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
  10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki respon fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar -- bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah "dingin".
  11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya."
Terima kasih kang telah meluangkan waktunya ! Sampai jumpa dilain kesempatan!
Nah diatas kan kang wiki sudah menceritakan panjang lebar ciri-ciri seorang psikopat! apakah anda termasuk didalamnya ?
Baca Selengkapnya...

23 July 2008

Pilkada On Ndeso

27 comments

Berhubung diberi rumahku diberi mandat untuk digunakan sebagai TPS, mau tidak mau aku juga ketiban kesibukan untuk bantu-bantu, ya terpaksa pulang kampung, Sejak pagi sudah digerilyakan untuk bersih-bersih halaman sekitar. " Lhe, emperane siramono ben ra bledug", padahal masih pagi2 buta, ah nggak apa2, itung untuk membantu dan dapat pahala, Panitia datang jam setengah tuju dan pemilihan dibuka pukul setengah delapan sampai jam satu. Satu persatu orang mulai berdatangan !

Aduh Anisa kamu Nutupin lho!
Di TPS 5 di tempatku itu jumlah yang nyoblos hanya setengah dari jumlah keseluruhan yang dibagikan kartu, artinya yang golput masih setengahnya! Waktu penghitungan, pasangan no.5 unggul dengan 85 suara, diikuti no 1 dengan 65 suara, no.3 dengan 53 suara, no.2 dengan 47 suara yang terakhir no. 4 dengan 14 suara.

Nampaknya sebagian masyarakat masih enggan untuk melakukan pencoblosan? ada dari mereka yang bilang "nyoblos !, kita dapat apa ? ", nah lho, klo sudah bilang kaya gitu ?
Baca Selengkapnya...

18 July 2008

Pakai Helm Demi Keselamatan

17 comments
Barang ini sebenarnya sangat penting, namun sebagian orang tidak begitu menghiraukan betapa pentingnya menggunakan helm ini. Entah sudah berapa banyak orang yang menjadi korban kecelakaan karena tidak menggunakan helm. Kejadian atau kecelakaan yang kecilpun klo pengemudi tidak menggunakan helm resikonya bisa menjadi sangat besar. Jadi hendaknya para pengguna sepeda motor pada khususnya, harus selalu menggunakan helm, karena mungkin tidak anda sadari bahwa helm ini dapat menyelamatkan nyawa anda! selain menggunakan helm, hindari kebut-kebutan di jalan raya adalah salah satu upaya menghindari kecelakaan. Sudah banyak yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Helm tidak semata-mata hanya sebagai pelengkap, tetapi untuk keselamatan anda. Keep Safety!
Baca Selengkapnya...

16 July 2008

Kata-kata mutiara Pembangun Jiwa

14 comments
Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum. Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis.

Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan.
Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahsia dari masa muda yang abadi.
Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan.
Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan.
Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan.
Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan.
Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati.
Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa bererti.
Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan.
Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju syurga.

Harta yang paling menguntungkan ialah SABAR. Teman yang paling akrab adalah AMAL. Pengawal peribadi yang paling waspada DIAM. Bahasa yang paling manis SENYUM. Dan ibadah yang paling indah tentunya KHUSYUK.
Baca Selengkapnya...

06 July 2008

Templek Daerah Pengrajin Genteng

16 comments
Gapura Dusun Templek Gadungan Puncu
Dusun Templek Berada kurang lebih 2 KM timurnya kota Pare. 200 meter ke selatan dari Pasar Sapi Pare. Dusun atau daerah ini biasa saja seperti pada dusun-dusun yang lainnya, tetapi yang membedakan Daerah yang tepatnya bernama dusun Templek, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu ini adalah masyarakat di daerah ini kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai Pengrajin Genteng, Mulai kapan pengrajin genteng sudah ada didaerah ini! tidak ada yang tahu secara pasti, namun asal mula pengrajin genteng dimulai dari belanda yang mengenalkan penduduk di sekitar Templek tentang cara pembuatan genteng, memang daerah Templek ini memiliki tanah liat yang cocok digunakan untuk membuat genteng. Karena merupakan usaha turun temurun dan merupakan mata pencaharian sebagaian besar warga Templek, membuat genteng masih dilakukan hingga sekarang.

Membuat Genteng Sendiri Bukanlah merupakan suatu hal yang sulit, namun dalam prosesnya diperlukan ketelitian dan kesabaran. Proses pembuatan genteng pun tidak serta merta, tetapi melalui suatu proses atau tahapan. Membuat Genteng dimulai dari dengan Mencangkul tanah lempung sebagai bahan dasar untuk dibawa ke tempat penggilingan tanah, biasanya untuk membawa tanah dari tempat mengambil tanah tersebut ke tempat penggilingan digunakan mobil bak kecil atau secara manual menggunakan Gledekan (istilah di tempat itu). Tanah Tersebut kemudian di timbun dan sebelum digiling diberi air terlebih dahulu, agar mudah dalam penggilingan nanti. Terlihat seperti Gambar dibawah ini:

Bahan dasar tanah lempung
Pemberian air ini tidak boleh berlebihan karena nanti pada saat digiling, kualitas lempung hasil gilingan kurang baik atau terlalu lembek atau juga terlalu berair. Setelah tanah lempung sudah disiapkan saatnya dilakukan penggilingan, penggilingan dilakukan dengan bantuan alat mesin, disini disebut sebagai Selepan Lempung. Gambarnya seperti ini :
Mesin Penggiling tanah liat
Dalam Proses penggilingan, biasanya ada dua orang pekerja, satu yang bertugas memasukkan lempung ke papan penggilingan, alat yang digunakan biasanya cikrak, pacul, dan ganco, sedangkan pekerja yang satunya mengangkat tanah lempung yang sudah di giling untuk ditaruh ditempatnya. Tanah yang sudah digiling akan ditaruh disuatu tempat dengan di tumpuk - tumpuk menjadi kotak persegi yang besar dan biasa disebut sebagai Gemuk'an. Ini dia gambar sebuah mesin giling yang sedang bekerja. 
Proses penggilingan sedang berjalan
Gambar diatas menunjukkan hasil gilingan dari tanah liat yang berbentuk tipis melebar ini, setelah mengumpul banyak, oleh pekerja yang mengangkut, lempung tersebut akan dibuat seperti bola kemudian diangkat menuju gemuk'an. Seperti gambar dibawah ini :
Membuat Gemu'an
Terlihat gambar diatas seorang pekerja yang sedang mamanggul lempung. Lempung tadi ditumpuk - tumput menjadi bentuk kotak besar yang telah disebutkan sebelumnya yaitu Gemuk'an, pada saat proses penumpukan, lempung tadi diratakan dengan menggunakan kaki, seperti pada gambar yang terlihat berikut ini :
Meratakan Gemu'an
Setelah penggilingan selesai dilakukan, maka proses selanjutnya adalah membuat batan, batan adalah lempung yang dibuat bulat- bulat seukuran bola sepak yang kecil yang bertujuan untuk mempermudah dalam proses pencetakan. Biasanya bentuknya bulat dan ada yang kotak, ukuran satu batan diusahakan pas dengan banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu buah genteng, agar nanti saat di press atau dicetak sisa dari batan tersebut tidak terlalu banyak, sisa - sisa tersebut biasanya diakumulasi kemudian dibuat lagi menjadi batan. Gambar batan seperti ini :

Batan yang sudah jadi
setelah selesai membuat batan, kemudian dilakukan proses pencetakan klo disini disebut sebagai proses cepet (sehingga disebut genteng cepet) caranya dengan memasukkan bola batan tadi kedalam alat pres, alat press tersebut ditekan dengan menggunakan linggis dengan prinsip pengungkit, seperti terlihat dalam gambar berikut :
alat press genteng
Setelah dipress tentu saja tepi - tepi dari cetakan tersebut masih belepotan, maka untuk membuang sisi - sisi yang belepotan digunakan nampan, caranya adalah setelah dipress cetakan diangkat kemudian dipasang nampan dicetakan diatas cetakan yang bawah, kemudian cetakan dibalik, pada alat cetakan bagian bawah dapat diputar karena diberi engsel, kemudian diputar kebawah secara otomatis genteng hasil cetakan jatuh kedalam nampan, agar tidak lengket sebelum mencetak dasar dari cetakan bagian bawah dan atas diolesi sama minyak, minya yang digunakan biasanya adalah solar, atau minyak tanah. Gambar nampan seperti dibawah ini:
Nampan
Penyangga dari nampan tersebut dapat berputas sehingga memudahkan dalam proses pembuangan sisa - sisa dari hasil press, untuk merapikan bagian yang tepi biasanya digunakan pisau. Seperti terlihat gambar berikut :
Perapihan genteng
Setelah dirapikan genteng yang masih basah ini ditarung di tempat yang namanya biasa disebut sebagai andang, genting ditaruh sedemikian rupa (berdiri), andang ini terbuat dari dari bambu, andang adalah tempat penyimpan sementara genting yang masih basah, setelah 2 atau 3 hari, genting yang sudah agak mengering harus dipanaskan dengan bantuan sinar matahari, orang disini biasanya menaruh dipelataran pada pagi hari dan ketika sore dimasukkan kembali, proses ini sangat tergantung pada cuaca, jika musim penghujan, kegiatan menjemur atau mepe ini akan sangat terganggu.
Penataan genteng
Gambar genteng yang ditata di andang. Sementara gambar proses penjemuran seperti ini :
Genteng yang dijemur
Proses ini dilakukan sampai genteng - genteng betul - betul kering, genteng yang kering biasanya di simpan di Los, Los adalah tempat pembuatan genteng, setelah beberapa ribu genteng kering, genteng tersebut ditata kedalam ruang pembakaran yang biasa disebut Jobongan. Genteng yang kering tersebut ditata sedemikian rupa di dalam Jobongan proses ini disebut dengan Ngringgi, setelah ditata, pinggir - pinggir dari pintu untuk memasukkan genteng ke Jobongan di tutup dengan menggunakan Lumpur. Gambar situasi Jobongan seperti dibawah ini :
Isi jobongan
Gambar diatas adalah Jobongan dilihat dari pintu yang digunakan untuk memasukkan genteng kedalam Jobongan. Sementara jika Jobongan dilihat dari luar yaitu tempat memasukkan bahan bakar kayu gambarnya seperti ini :
Lubang pembakaran
Lubang ini memanjang dari ujung jobongan ke ujung yang lainnya, sehingga pada saat memberikan bahan bakar kayu, panasnya dapat merata di semua sisi. Dalam pembakaran diperlukan banyak pengalaman, banyak kejadian genteng diabagian bawah sudah molet hitam sementara genting dibagian atas masih belum matang, hal itu biasanya disebabkan oleh pemberian api yang terlalu besar. Pembakaran biasanya dilakukan sehari semalam atau melihat ciri-ciri khusus bila suatu genteng sudah matang. Setelah genteng matang, api dimatikan dan dibiarkan 3 sampai 4 hari agar panasnya hilang, setelah panasnya hilang genteng yang sudah matang siap ditata diluar untuk dipasarkan, proses pengambilan Genteng dari Jobongan disebut Umbal. Berikut hasil tatanan genteng matang yang siap untuk dipasarkan :

Genteng yang sudah siap dipasarkan
Gambar Genteng yang sudah ditata dan juga siap untuk dipasarkan!
Baca Selengkapnya...

01 July 2008

Ternyata Lagunya Franky Sahilatua

18 comments
Setelah bertaun - taun berkelana mencari judul lagu ini! akhirnya ketemu juga! Lagu itu ternyata berjudul perjalanan yang ngebawain franky sahilatua dan jane yang merupakan kakak beradik! huh Dulu kali ni.. aku dengerin lagu itu diradio malem - melem waktu belajar untuk SPMB, lagunya enak familiar tapi nggak tau judulnya, cuman syair " penuh rasa haru dia memandangku" itu doang yang aku hapal , dengan modal itu aja ternyata misteri yang selama ini gelap mulai terkuak terangnya yang punya blog ini ! dengan modal kata " penuh rasa haru dia memandangku" aku beraksi dengan memasukkan secuil kata itu ke search google! Pertama ketemu di lirik nasyid, terus tak cari lagi *Semangat 45 mode On *, akhirnya nyampe di indolawas.blogspot.com ketemu dech, pecah sudah misteriku selama ini! Ini nih cuplikan yang tak ambil dari Indolawas.blogspot tentang lagu tersebut :


Judul Album : Musim Bunga
Penyanyi : Franky & Jane
Tahun Produksi : 1978
Produser : Jackson Arief
Produksi : Jackson Records

Duo kakak beradik ini memang punya karakter yang khas. Perpaduan vokal keduanya melahirkan harmoni yang sulit dicari tandingannya, terlebih genre musik country folk yang mereka usung memang tidak banyak ‘pemain’nya. Album MUSIM BUNGA ini memang bukan album pertama mereka, tapi album inilah yang menjadi titik awal popularitas mereka yang luar biasa. Album ini sukses besar di pasaran, dan bukan hanya bagus di sisi komersial tapi sekaligus menjadi salahsatu album terbaik mereka. Dari album ini lahir all time hits mereka yang sampai sekarang masih banyak dinyanyikan yaitu MUSIM BUNGA, BIS KOTA dan PERJALANAN.

sumber: www.indolawas.blogspot.com

Tapi disana cuma ada reviewnya aja! nggak ada link downloadnya! terpaksa keliling2 lagi dech! Mulai dari Multiply sampai imeem aku nyari nggak ketemu dech, sekali lagi aku harus menghela nafas Setelah hampir satu jam akhirnya ketemu juga dech di www.iyalucu08.blogspot.com, tanpa banyak kata aku langsung mengunduhnya , yang liriknya kaya gini :

PERJALANAN

Dengan kereta malam
Ku pulang sendiri
Mengikuti rasa rindu
Pada kampung halamanku
Pada Ayah yang menunggu
Pada Ibu yang mengasihiku

Duduk dihadapanku seorang ibu
Dengan wajah sendu
Sendu kelabu
Penuh rasa haru ia menatapku
Penuh rasa haru ia menatapku
Seakan ingin memeluk diriku

Ia lalu bercerita tentang
Anak gadisnya yang telah tiada
Karena sakit dan tak terobati
Yang wajahnya mirip denganku

Wah senangnya lagu yang selama ini kucari ketemu! Terima kasih buat empunya iyalucu08.blogspot.com atas share musiknya! blogmu itu benar -bener langka !

Yang Ingin Download Lagunya disini!
Baca Selengkapnya...

Manusia Super

6 comments

Eh kok manusia super apa maksudnya! sabar-sabar dulu dong! *Nggak sabaran mode on :o * . Ini sebenarnya dari pengalaman pribadi dari cara ku melihat sikap atau perbuatan seseorang sehingga dapat aku simpulkan suatu kesimpulan sesuai dengan pranalar yang aku punya! *Contoh pengucapan ilmiah yang tidak baik*. Kocoba menulis artikel ini dengan tidak jujur :D dan semoga saja ini menjadi inspirasi ku sendiri :y ! kalian nggak usah ikut - ikut nanti dikatakan mbebek yang mandi kali dengan air tenang, dengan suara alam yang menemani .... Stoppp, jadi ngelantur ngalor ngidul gini malah berpuisi lagi :t , suka - suka saya dong *Medhog Mode On* saya yang nulis :v , sudah - sudah kembali kejalan yang salah benar. Kembali ke pokok utama, manusia super, bukan komik marvel dan sebangsanya lo! yang aku maksud manusia super disini adalah teman2 atau orang disekitarku yang aku mendapat inspirasi darinya...!!!! Mbulet! apa maksudnya :# ? Jujur saja, dalam hidup ini kita pasti mendapat inspirasi dari orang lain baik besar ataupun kecil pasti ada lah, nah ini ada beberapa homo sapiens manusia yang unik dan ispiratif * Hardimen Koto Mode ON* "Catatan kaki : Bung Hardimen komentator bola biasanya mengatakan Inpiratif, akuratif, dan sensitif, plessing tidak disebutkan" :x . Dan daftar nominasi dari Manusia Inspiratif dalam ajang Grammy Gemmy Awward adalah :
1. Bagus Pranugroho

Pertama orang sosok yang patut ditiru dari bagus ini adalah keuletannya ! wah luar biasa!*Biar mantep mongongnya kaya mas anang ketika ngejuri di indonesian idol*, dan pekerja keras sejati! punya cirikas yang sangat istimewa ketika bicara! dijamin pasti pada ngerti kalau beliaunya ngomong :h ! (hoi bukan yang itu, itu kakeknya! dia menampakkan diri pada posisi kiri atas).

2. Mbak Sari

Pertama mbak sari ini orangnya diplomatis :p dan bijaksana, terus pinter bahasa inggris, wanita berkulit putih ini selalu memiliki ide kreatif dari setiap pemikirannya! Rajin berorganisasi, klo saya dibanding kan dengan dia masalah organisasi ! huh ... Jauh! :) . Mempunyai visi jauh kedepan, hal ini terlihat dalam setiap langkah yang dia putuskan! *Sok Tau Mode On ;) *. Sosok wanita ini merupakan selebriti yang paling banyak digosipkan di kampus kami! Beritanya selalu laku keras, terjual ribuan eksemplar tiap minggunya! busyet! *Hormatnya pada bendera Non!*

3. Pak Imron (Pembimbing KP)
Bapak ini sabar banget, ramah gampang diajak ngobrol, dulu pak imron rela berpanas - panasan untuk mendampingi kami menjelaskan seputar kerja praktek di Jembatan Suramadu! Wah jadi kangen nih main kesana lagi! :). Hoi pak Imron Friendsternya nggak pernah dibuka ya ! aku minta add dari dulu tapi belum diterima! Waduh pak :# !

4. Mbak Chici
Belum pernah ketemu langsung dengan empunya foto diatas! hanya lewat dunia blogoshpere! satu yang saya catat dari manusia ini! Tulisan di blognya selalu keluar dengan ide - ide segar dan kreatif! merupakan istri dari seorang penggila JUventus! Upps :B ! di blog ini hanya ada istilah Fiorentina, yang lain? Kelaut aja!

5. Mas Mahma
Mas mahma ini aku kenal sebagai sosok yang idealisme mahasiswanya kuat! suka membuat pergerakan untuk perubahan yang lebih baik! dan semoga menjadi lebih baik :y ! * Hoi gambarnnya kok slankers! :# , "Yaiya lah diakan slankers" :D !

5. Damai Putra
Satu yang aku kagumi! yaitu : si empunya foto mampu mengukir prestasi dengan nyampah dimana - mana! menurut saya sebagian hidupnya dihabiskan didepan komputernya! wah brabe juga!

6. Masih banyak lagi manusia super dan inspirator - inpirator yang tidak dapat aku sebutkan satu persatu teman2 dari klain S47, Teman Dunia Blogo!, Teman - teman di indonesia semua! he.... ! dan semoga saja setiap orang mampu menjadi inspirasi yang positif bagi yang lain! karena kita hidup didunia ini bersama - sama! Untuk bagus : terima kasih jawaban 40-
55 jawaban Toeflnya!
Baca Selengkapnya...
Recent Posts