ciput mardianto

ciput mardianto

Waduh Psikopat Nggak Ya ?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Tercengang dengan aksi pembunuhan yang dilakukan oleh Verry Idham Henyaksah alias Ryan yang saya baca disini dan disini! serta macam – macam pembunuhan yang sadis, saya baca disini! Ada satu garis lurus yang menghubungkan masing-masing peristiwa yaitu sebagian besar pelakunya adalah psikopat. Psikopat ? sebenarnya apa sih psikopat itu ? kang Wikipedia asal indonesia menceritakan tentang apa itu psikopat, berikut diskusi saya dengan kang Wiki. Saya Tulisan Merah dan kang wiki tulisan warna ungu muda!


Aku(A): “Kang Bisa dijelaskan apa itu Psikopat? “
Kang Wiki(Wiki):” Begini dek ya, Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut “orang gila tanpa gangguan mental”. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau dirumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.”
A:”O jadi begitu ya kang, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang psikopat ?”
W:” Sebenarnya sulit untuk mengetahui, namun ada ciri2 seseorang yang dikatakan psikopat, namun nggak mesti selalu psikopat lo!”.
A:”Apa itu kang ?”
W:”Begini ciri-cirinya :
  1. Sering berbohong, fasih dan dangkal. Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain. Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya dan mengolahnya seakan-akan itu fakta. apakah Koruptor termasuk didalamnya kang? iya kali
  2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat. klo seorang blogger? Bukan itu hanya narsis saja! Terus ciri-cira yang lain kang? Nih ciri-ciri yang lain!
  3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
  4. Senang melakukan pelanggaran dan bermasalah perilaku di masa kecil.
  5. Sikap antisosial di usia dewasa.
  6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
  7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
  8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
  9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
  10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki respon fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar — bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah “dingin”.
  11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.”
Terima kasih kang telah meluangkan waktunya ! Sampai jumpa dilain kesempatan!
Nah diatas kan kang wiki sudah menceritakan panjang lebar ciri-ciri seorang psikopat! apakah anda termasuk didalamnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.