Tips Diet Bikin sehat dan Happy

Assalamualikum Wr. Wb.

Mendengar kabar teman SMA yang sebaya ada yang mengalami gagal ginjal. Dan beberapa waktu lalu juga ada salah satu vlog yang saya ikuti, dia share untuk kondisinya yang mengidap gula.. dan dia gemuk…

Nah nggak jauh dari hal -hal itu. Maka self warning pada diri muncul dong. Soalnya kemarin aku sempet juga berat badan di 90 kg. Dengan tinggi badan yang kumiliki, aku BMI nya termasuk kategori overweight..

Sebenarnya sudah lama sih mencoba ngurangin berat badan. Tapi ya gitu… kurang disiplin. Dah dari tahun 2017 namun ya gitu.. stuck stuck aja di sekitar 80 – 90 kilo an, tuun bentar naik lagi.. gitu seterusnya.

Makin kesini makin sadar untuk ngejaga badan yang sehat… mengatur pola makan yang baik… ini andil istri juga sih.. yang selalu support gimana menjaga asupan makanan yang baik, minum yg sehat… terima kasih ya sayang …..

So kembali lagi ke topik pembicaraan… Diet! untuk kesehatan. Kurang lebih sudah dari awal tahun ini lah memulai program diet. Pinginnya diet yang ga terlalu dipaksa atau terlalu ekstrem namun tetap hasilnya kelihatan.. ga mau juga maksain diet ujung ujungnya malah sakit dan urusan yg lain malah terbengkalai.

Dan Alhamdulillah sudah ada perubahan. Karena sudah saya alami sendiri makanya saya mau coba share disini.. mungkin cocok bagi saya bisa cocok juga bagi anda, atau malah tidak sesuai… tergantung pengalaman masing – masing..

Hasil dari diet … turun 2-3 kg per bulan

Kuncinya adalah disiplin… disiplin memahan godaan makan berlebih… gimana mau disiplin menahan godaan kalau ada hidangan makanan yang lezat di hadapan… nah itu juga akan share trik yg aku lakukan untuk mengatasi hal itu… that is work … for me

Nah Langsung aja, berikut ini trik triknya… sebelumnya saya disclaimer ya : Dari segi bidang kesehatan cara ini baik atau tidak… saya share aja karena dari beberapa cara yang kulakukan, ini yang akhirnya membuahkan hasil…

PERTAMA

Hack mindset cara makan lu. Klo lu mau diet, asumsinya lu kebanyakan cadangan lemak. benar dong. Kuncinya adalah kebutuhan kalori perhari. misal lu beraktivitas seharian anggap aja 2500 kkal… maka lu sediain aja 2000 atau 1750 kkal… biar sisa kebutuhannya diambil dari cadangan energi lu (lemak) sesimpel itu teorinya.. berikan kalori dibawah dari kebutuhan agar lemak lu dipakai ga di timbun aja hehe.. nah yang banyak memberi itu biasanya nasi.. atau karbo… yang menjafi sumber cadangan gula

KEDUA

Kalau di step yg kesatu lo udah kurangi karbonya,di step kedua ini bagaimana lo bisa menikmati makan yang lama dengan rasa yang nikmat tapi dengan kalori yang lebih sedikit.

KETIGA

Perbanyak gerak. Lo bisa olah raga.. nggak harus yang banyak makan space… site up dan push up di sela sela waktu juga oke.

klo lu kerjanya di lapangan, luangkan waktu sedikit lebih banyak untuk gerak. Jalan – jalan mengeluarkan keringat. Intinya perbanyak kegiatan yang bergerak

Nah itu dia, cara yang aku lakuin dan ada berhasil di aku.. nggak perlu maksa – maksain banget ya.. biar sedikit sedikit namun konsisten dan hasilnya bisa terlihat… dan yang paling penting sehat dan happy.
Wassalamualikum wr. wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *