Proyek DIY Earbud TnT MX500

Standard

Pada postingan kali ini saya akan membahas seputar hobi yaitu tentang portable audio. Di tulisan ini saya akan share proyek Do it your self (DIY), yaitu sebuah proyek untuk membuat earbud sendiri. Proyek ini saya namakan “Proyek DIY Earbud TnT MX500”. Oh ya sebelum lanjut, mungkin dari para pembaca belum mengetahui apa beda Headphone, Earbud dan IEM, ketiga-tiganya merupakan sama-sama perangkat untuk mendengarkan audio. Gambar berikut semoga bisa memberikan sedikit gambaran :

Beda Earbud, In Ear Monitor dan Headphone

Ciri yang membedakan adalah cara penggunaanya. Earbud biasanya cukup ditempelkan ditelinga, IEM dimasukkan kedalam lubang telinga dan Headphone biasanya penggunaannya menutupi daun telinga. Kembali lagi ke Proyek DIY Earbud, proyek ini bertujuan memenuhi hasrat saya untuk membuat earbud sendiri. Tentunya ada kepuasan tersendiri jika proyek ini sesuai dengan ekspektasi.

Setiap proyek pasti punya sasaran, gambar berikut yang menjelaskan secara umum gambaran PROYEK DIY Earbud TnT MX500 ini. Mudah – mudahan saja ya bisa tercapai 🙂

Gambar umum Proyek DIY Earbud TnT MX500

Bagaimana Bentuk dan bagian-bagian earbud ini? berikut bagian – bagian (part) yang dipakai untuk membuat Earbud, dimulai dari Jack (colokan) digunakan jack ukuran 3.5 mm oyaide gold. Kabel menggunakan Mogami 2799, kabel audio ex Jepang. Selanjutnya timah, timah juga berpengaruh pada kualitas suara, timah yang digunakan Mundorf Supreme.

Housing yang dipakai adalah housing sejuta umat warna hitam, Rencana Driver speaker yang dipakai High End Beryllium Film 15.4mm Driver Unit Excellent Stage Mx500 Super (55K rupiah).

Sementara part-part lainnya yang dipakai antara lain termasuk material bantu : Splitter standar ukuran 3.5mm, Lem bakar, Pelindung atara Jack dengan Kabel (bentuknya dari karet ukuran 3.5mm). Proyek masih sedang berlangsung, nanti diupdate lagi perkembangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.