ciput mardianto

ciput mardianto

Mudik sebuah fenomena unik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Mudik adalah suatu peristiwa unik yang cuma terjadi di Indonesia. Mudik adalah perjalanan dari tempat bekerja biasanya dari kota besar ke kampung halaman. Ya mudik ini dilakukan setahun sekali, biasanya beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri. Banyak motif atau alasan orang untuk mudik, yang pasti dengan mudik rasa kerinduan yang memuncak akan terobati, terutama bagi orang yang merantau.

Apalagi pada saat hari besar Idul Fitri, berkumpul dengan keluarga besar adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada juga motif mudik yang lain, ingin menunjukkan bahwa dalam perantauannya, seseorang tersebut sukses, memang suatu yang membanggakan namun dampak buruknya tetap ada, yaitu menstimulus orang untuk melakukan hal yang sama, nanti pada akhirnya urbanisasi akan bertambah. Plus minus disetiap keadaan pastilah ada.

Dari tahun – tahun sebelumnya, banyak kejadian unik dalam mudik, sebagai contoh adalah keluarga yang mudik pakai sepeda motor, didepan jog, diisi tas, kemudian dibelakangnya ada anaknya, setelah itu pengemudinya, dibelakannya lagi ada anak, terus paling belakang ada ibunya, masih kurang puas, tas yang segede travel bag pun dibawa. Memang masih ada tempat, pemudik tidak kalah pintar, jog belakang disambung pake dua bambu sebagai tumpuan.. waduh..waduh….

Gambar dari google

Sebaiknya yang menggunakan sepeda motor, diperiksa terlebih dahulu mesin, rem dan bagian – bagian lain yang penting. Terus juga persiapakan kondisi diri dan keluarga apabila perjalanan jauh. Patuhi peraturan lalu lintas. Bagi yang menggunakan angkutan umum, sikap waspada selalu diperlukan, hati – hati kerena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Dan jangan lupa berdoa. Semoga kita semua mudik tahun 2009 ini diberi kelancaran. Amin.

0 Responses

  1. saya salut juga sebenarnya dengan mereka. Satu motor, bisa membawa beberapa orang dan banyak barang. Hmm..kalo mau istirahat di jalan, gimana caranya ya?

  2. hahahaha… nek aku mulih rodok telat, bakalan koyok gambar nang google kuwi.. numpak motor karo koncoku teko bali nyang nganjuk dan solo!!!

    hahhaha…

  3. Fokus berkendara…ati2 ama jalanan tikungan + berpasir (pengalaman pribadi)<< pernah jatoh.
    selamat bermudik semoga selamat sampai tujuan

Leave a Reply

Your email address will not be published.